THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Monday, September 15, 2008

Brachiosaurus



Nama :  Brachiosaurus (Artinya  Kadal Lengan) 

Kelas  :   Sauropsida

Famili  :    Brachiosauridae

Tempat:  Tendaguru/Tanzania/Africa, Colorado/USA.  Specimen paling lengkap terdapat pada Musium Humboldt di Berlin/Jerman. 

Deskripsi : Brachiosaurus, dalam bahasa Yunani artinya Kadal Lengan, karena memang bagian depannya lebih panjang dari pada bagian belakangnya.  Kebalikan dengan sesama sauropods, Diplodocus, yang memiliki kaki bagian depan lebih pendek daripada bagian belakangnya.  Juga Diplodocus memiliki ekor yang sangat panjang, berguna sebagai senjata pelindung dari musuh-musuh Dinosaurus pemakan daging.  Sementara Brachiosaurus, ekornya agak pendek tapi tebal.

Pada tahun 1909,  ditemukan  fosilnya oleh Walter Janensch di Tanzania, Afrika. Kebanyakan fosil Brachiosaurus ditemukan di Amerika Utara dan Afrika.

Brachiosaurus adalah salah satu dari dinosaurus terpopuler dan terbesar pemakan tumbuhan/herbivora yang memiliki leher panjang seperti jerapah tapi kepalanya relatif kecil jika dibandingkan dengan tubuhnya yang besar.

Brachiosaurus sangatlah tinggi.  Saking tingginya, jika teman-teman berdiri diatas lantai kamar lantai 5 pada suatu gedung perkantoran atau apartemen, mungkin teman-teman akan langsung berhadapan dengan wajah  Brachiosaurus dan melihat kalo lubang hidungnya berada kepalanya yang bagian atas. Hi..hi.. lucu yah..  

Nah, kalo mulutnya kecil dengan spatula atau gigi yang berbentuk seperti sendok.  Karena tidak punya gigi pengunyah, jadi Brachiosaurus sering memakan batu-batu untuk membantu mencerna makanannya. Wah, kalo kita makan batu, bisa-bisa nanti kita terkena penyakit ginjal atau kencing batu dong.

Telur-telur Brachiosaurus banyak berserakan dan terinjak-injak hewan lain, karena seperti kebanyakan hewan jenis Sauropods lainnya (seperti Apatosaurus dan Diplodocus), Brachiosaurus tidak memperhatikan telur-telurnya.

Periode Hidup:   Akhir Periode Jura dan mungkin awal Periode Kapur atau sekitar 156-145 juta tahun yang lalu

Ukuran Tubuh:  Panjang :  12-16 meter , berat +/- 50 ton (paling kecil diperkirakan 15 ton paling berat diperkirakan 78 ton)

Posting tanggal: 16 September 2008.

Links :

1. Enchanted Learning 

2. Wikipedia 

3. Natural History Museum


0 comments: