THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Tuesday, September 16, 2008

Iguanodon


Nama :  Iguanodon (artinya Gigi Iguana)

Kelas  :  Sauropsida

Famili :  Iguanodontidae 

Tempat:  Iguanadon tersebar ke seluruh dunia.  Fosil-fosil tulangnya ditemukan di Eropa, Mongolia, Afrika Utara dan Amerika Utara.

Deskripsi: Salah satu dinosaurus yang sukses, Iguanodon banyak ditemukan di beberapa bagian dunia.  Teman-teman dapat melihat 2 fosil tengkoraknya pada Museum's Dinosaur Gallery. Ditemukan pertama kali pada tahun 1825  dan diberi nama Iguanodon oleh Gideon Mantell.  Mantell memberinya nama Iguanodon yang artinya mirip Gigi Iguana karena susunan giginya memang mirip dengan susunan gigi Iguana abad modern ini. Pada saat itu dinosaurus belum diketahui, sehingga Gideon Mantell berpikir bahwa fosil itu adalah kadal bertubuh besar. 

Pada tahun 1878, ketika seorang pekerja tambang batubara menemukan sekumpulan fosil  Iguanodon yang berjumlah 30 ekor. Dari fosil-fosil itu, para ahli menyimpulkan bahwa Iguanodon mungkin berlari, berjalan  bisa dengan 2 atau 4 kakinya.
  

Iguanodon termasuk dinosaurus bertubuh besar  yang hidup di awal hingga pertengahan  Periode Kapur (Cretaceous Period).  Tangan Iguanodon berbeda dengan kebanyakan dinosaurus karena setiap tangan memiliki 5 jari, 3 jari di bagian tengah memiliki kuku seperti cakar.  Jari-jari yang lain dapat ditekukkan sehingga menempel pada telapak tangannya. Jari kelimanya tajam, digunakan untuk bertahan dari serangan musuh atau predator (pemangsa) Iguanodon, yaitu T-Rex, Megalosaurus dan Allispinaz. 

Iguanodon termasuk hewan herbivora.  Hobinya makan daun palem dan pakis.  Bagian depan mulutnya tidak bergigi, tapi pada bagian belakang rahangnya, gigi-gigi tumbuh secara pararel.  Iguanodon adalah salah satu dari dinosaurus pertama yang dapat menguyah.  Hal ini jarang terjadi pada reptil.  Beberapa ilmuwan juga mempercayai kalau Iguanodon memiliki lidah yang panjang seperti jerapah.

Periode Hidup:  Awal Periode Kapur  hingga Pertengahan Periode Kapur -  sekitar 110 – 140 juta tahun yang lalu 

Ukuran Tubuh:  Panjangnya 9,3 m (30 kaki), tinggi 5 m (16 kaki), tinggi paha 2,7 m dan berat 4 s/d 5 ton.

Posting tanggal: 17 September 2008.

Links :

1. Enchanted Learning  

2. Wikipedia

3. The Big Zoo

4. Kids Dino

5. The Academy of Natural Science



0 comments: