THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Tuesday, September 16, 2008

Diplodocus






Nama : Diplodocus 

Kelas  :   Sauropsida

Famili  :    Diplodocidae

Tempat:  Amerika Utara

Deskripsi: Fosilnya pertama kali ditemukan oleh S.W. Williston dan setahun kemudian jenisnya dinamai Diplodocus, pertama kali oleh Othniel Marsh, diambil dari bahasa Yunani "Diploos" (= double) dan "Dokos" (= beam).  

Diplodocus termasuk dalam varietas Sauropods seperti halnya Brontosaurus atau Apatosaurus dan Brachiosaurus. Diklasifikasikan Sauropods karena bentuk kepalanya yang relatif lebih kecil dibandingkan tubuhnya yang besar dan leher mereka yang luar biasa panjang. Diplodocus adalah mahluk hidup terpanjang yang pernah menginjakkan kakinya di bumi.  Wow.... kira-kira sama dengan berapa rumah kita yah..coba teman-teman hitung sendiri.   Sauropods juga biasanya herbivora, demikian juga dengan Diplodocus. Mereka makan seperti halnya gajah dan jerapah  yang hidup saat ini yaitu daun pepohonan bagian atas. Diplodocus butuh makanan yang banyak untuk tubuh mereka yang besar.  

Pada tulang punggungnya, tumbuh tulang-tulang tambahan yang mirip depan balok-balok yang menonjol keatas, terbentang dari  depan ke belakang (seperti landasan) mungkin untuk membantu pergerakan leher dan ekornya.  

Diplodocus memiliki kaki -kaki depan yang lebih pendek daripada kaki-kaki belakangnya. Tulang-tulangnya langsing (jangan heran kalo bobot tubuhnya paling kecil dibandingkan sauropods raksasa lainnya), mulutnya panjang sedangkan giginya hanya ada pada ujung rahangnya. Tidak seperti gigi herbivora umumnya, diplodocus tidak menguyah makanannya melainkan langsung menelan.  Ih jorok dan malas yah... Jika binatang tidak menguyah manakannya, akan terjadi masalah dalam mencerna dedaunan yang dimakannya.  Ada pemikiran bahwa makanannya dicerna oleh bakteri pada ususnya, mungkin dibantu oleh struktur tubuh mirip ampedal yang penuh dengan batu-batu  (disebut gastrolit, berfungsi sebagai penggiling makanan).

Mengapa Diplodocus berleher sangat panjang dan dapat paralel secara horisontal dengan tanah? Kemungkinan karena digunakan untuk dapat menyusup masuk kedalam hutan untuk memakan dedaunan sementara tubuhnya yang besar tidak bisa menembus hutan itu.  Jadi, Diplodocus hanya bisa makan makan daun-daun lembut pteridophytes yang hidup diatas tanah yang  lembut.  Sementara Diplodocus hanya bisa bertahan berdiri diatas tanah yang keras.

Diplodocus hidup  secara berkelompok, bersama-sama bermigrasi jika kebutuhan akan dedaunan tempat dia tinggal sudah habis.   Diplodocus mungkin juga bertelur seperti sauropods lainnya, namun tidak terpelihara karena diperkirakan sauropods tidak memperdulikan telur-telur mereka.  Umur hidup Diplodocus adalah sekitar 100 tahun.  

Periode Hidup:   Periode Jura, +/- 155 to 145 

Ukuran Tubuh:  panjang 26 meter, panjag leher +/- 8 meter, panjang ekor +/- 14 meter, berat  10 s/d 20 ton

Posting tanggal: 16 September 2008.

Links :

1. Enchanted Learning 

2. Wikipedia 

3. Academic Kids

4. Department of Geological Sciences, University of Kentucky

0 comments: